MOU dengan Bank Riau Kepri Cabang Syariah Pekanbaru: Persiapan Upgrading D3 Keuangan dan Perbankan menjadi Sarjana Terapan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendorong program Diploma (D3) agar diupgrade menjadi Sarjana Terapan (D4), sehingga bisa menghasilkan lulusan dengan kompetensi istimewa. Kemdikbud juga sudah menyiapkan paket khusus untuk pendidikan sarjana terapan agar lulusannya tidak hanya mengantongi ijazah, tetapi juga sertifikasi kompetensi. Salah satu syarat untuk upgrading ke Sarjana Terapan (D4) adalah adanya kerja sama dengan beberapa IDUKA /Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja yang nantinya akan berperan aktif dalam berbagai bidang seperti membantu pengembangan D3 menjadi D4, memberikan kesempatan magang dan kesempatan alumni diserap menjadi tenaga kerja dan memberi pengetahuan perbankan melalui dosen tamu, kuliah umum dan hal lainnya yang dirasa perlu.

Mendukung untuk melaksanakan upgrade tersebut, Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melaksanakan penandatanganan/ Nota Kesepahaman dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri Cabang Syariah Pekanbaru pada hari Jum’at (9/7/21) pagi bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat UMRI. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor II UMRI, Bakaruddin, SE., MM., Dekan FEB Zul Azmi, SE., M.Si., Ak., CA., CSRS dan Ka.Prodi D3 Keuangan & Perbankan Siti Hanifa Sandri, SE., M.Si dari pihak UMRI dan dari pihak Bank Riau Kepri dihadiri oleh Adiek Syawaluddin selaku Pimpinan Cabang Syariah Pekanbaru, Poernawarman selaku Pimpinan Cabang Pembantu Syariah Panam, Abdul Hamid Pohan selaku Pimpinan Cabang Pembantu Tuanku Tambusai dan Muhammad Mashudi dan Nova Pradana Nasution selaku Funding Officer.

Nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kerjasama yang dilaksanakan UMRI sebelumnya dan menjadi sebuah kerjasama yang diharapkan akan membawa banyak manfaat kepada dua belah pihak. Membuka acara, Dekan FEB menyampaikan harapan besarnya setelah terjalinnya kerjasama ini. Harapan Zul tersebut bertitik berat kepada peran kedua belah pihak dalam memajukan fakultas di bidang pendidikan, terutama dengan adanya proses peningkatan D3 Keuangan & Perbankan menjadi D4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *