D3 Keuangan Dan Perbankan

  • Home
  • Tentang Kami
    • Sambutan Pimpinan
    • Sejarah Singkat
    • Profil
    • Struktur Organisasi
    • Visi dan Misi
    • Berita Terbaru
  • Perkuliahan
    • Kurikulum
    • Fasilitas
    • Penelitian dan Pengabdian
    • Himpunan Mahasiswa
  • Daftar Sekarang
    • Halaman Pendaftaran
    • Brosur Program Studi
    • Rincian Biaya
  • Hubungi Kami
  • Admin
  • July 30, 2022July 30, 2022
  • Program Studi

Mengingat kemasan hari ini tidak hanya berfungsi sebagai penjaga produk dari kerusakan, namun telah menjadi identitas. Untuk itu pengemasan harus berbasis pada pasar yang dapat menjadi nilai dalam memenangkan persaingan pasar yang semakin kompetitif. Keharusan pelaku UMK Kota Kampar untuk menyesuaikan produk dan kemasannya mendapatkan perhatian dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK Kota Kampar yang bekerjasama dengan Program Studi Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau dengan memberikan pelatihan-pelatihan softskill dan hardskill, dimana pelatihan ini difokuskan pada pengemasan (packaging).  Pemateri dari Keuangan dan Perbankan Hendri Ali Ardi, SE.,MM dan Peserta pelatihan ini terdiri dari 50 Pelaku UMK Kota Kampar dengan berbagai macam produk dan dilaksanakan di Hotel Khas Pekanbaru. Seminar dan pelatihan ini dirasa penting untuk di implementasikan ke pelaku UMK Kota Kampar, guna membekali diri mereka dalam mengelola produk dan pengemasan berbasis pasar.

Kegiatan ini dengan pokok materi tahapan – tahapan sebelum kegiatan pengemasan (packaging) produk. Yang terdiri dari segmentasi, targeting dan positioning. Hal tersebut perlu dilakukan agar pengemasan tidak hanya berfungsi sebagai pelindung produk dari kerusakan namun mampu berfungsi sebagai identitas. Dengan identitas yang jelas, segmen dan target pasar yang disasar pun akan lebih mudah mengenal produk yang kita tawaarkan ke pasar. Melalui pengemasan yang beridentitas berbasis analisis pasar diharapkan tercipta product loyality yang berdampak pada permintaaan produk yang berkelanjutan.

Tahapan – tahapan teori yang dipaparkan dalam bentuk seminar, ditindaklanjuti dalam bentuk implementasi nyata berupa pelatihan merancang pengemasan. Dimana masing–masing pelaku UMK Kota Kampar diminta untuk merumuskan target pasar yang akan disasar yang bisa ditinjau dari demografi, geografi, dan psikografi. Dari rumusan yang disusun ditentukan kebiasaan target, warna favorit target secara umum, apa yang target harapkan dari sebuah kemasan (fungsional) dan lain sebagainya. Data–data yang ada dijadikan sebagai bahan untuk mendesain kemasaan yang sesuai dengan target pasar masing–masing pelaku UMK Kota Kampar. Hasil akhir dari pengabdian ini adalah masing–masing pelaku UMK memiliki prototype kemasan berbasis target pasar. Melalui kegiatan ini diharapkan produk–produk UMK Kota Kampar dapat diterima pasar dengan baik dan mampu berkembang secara berkelanjutan terutama dalam aspek permintaan.

Leave A Comment Cancel reply

You must be logged in to post a comment.

Berita Terbaru

  • Rakernas AFEB PTMA 2024 : di Universitas Muhammadiyah Gresik
  • “Get Solidarity From Simplicity” (GESFROS) Prodi Keuangan dan Perbankan
  • Kegiatan Agenda Bulanan Program Kerja Devisi Seni dan Olahraga Volly Ball dengan tema “Siap-Siap Olahraga”
  • Agenda Bulanan Program Kerja Devisi Keagamaan Pengajian Bulanan dengan tema “Pertebal Iman Keislaman”
  • TURNAMEN FUTSAL “Four Feo FEB”

Kategori Berita

Cari Artikel

Categories

  • Program Studi

Archives

  • August 2024
  • July 2024
  • May 2024
  • February 2024
  • May 2023
  • April 2023
  • March 2023
  • February 2023
  • January 2023
  • December 2022
  • September 2022
  • July 2022
  • April 2022
  • March 2022
  • February 2022
  • January 2022
  • November 2021
  • October 2021
  • September 2021
  • August 2021
  • July 2021
  • April 2021
  • February 2021
  • January 2021
  • November 2020
  • June 2015

Meta

  • Log in
  • Entries feed
  • Comments feed
  • WordPress.org

Tags

Data Science Design Development Education Language Marketing

D3 Keuangan & Perbankan

Jl. T. Tambusai / Jl. Nangka (Sebelah Mall SKA) Kecamatan Tampan, Kelurahan Delima Kota Pekanbaru, Riau (28291), Indonesia

Tautan Luar

  • Website UMRI
  • Website FEB
  • Pustaka Digital
  • Tracer Study
  • Karir
  • Instagram
  • Mail
  • WhatsApp

    © 2023 D3 Keuangan Dan Perbankan - UMRI